Penyebaran Kurang Merata, Peluang Kerja Notaris Masih Terbuka Lebar

Penyebaran Kurang Merata, Peluang Kerja Notaris Masih Terbuka Lebar
Ketua Pengwil Sumsel INI Akhmad Wasil, SH (empat dari kanan), Ketua Prodi MKn FH Unsri Dr Hj Annalisa Y, SH, MHum (enam dari kanan), Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Ade Rupawan, SH, MM, MKn (lima dari kanan) dan Ketua Ikatan Alumni Prodi MKn FH Unsri Erfin Riyandi, SH, MKn (paling kanan) berfoto bersama di sela-sela pelatihan kenoktariatan yang digelar di lantai IV Tower FH Unsri, Selasa (13/6/2017).

Palembang – Saat ini peluang kerja notaris masih terbuka cukup lebar, apalagi penyebaran notaris di Indonesia belum terlalu merata.  Saat ini notaris banyak bertumpuk di Kota Palembang, sementara di daerah masih sangat sedikit.

“Penyebarannya (notaries –red) perlu diatur oleh Kemenkum HAM. Mungkin di Palembang dan Jakarta contohnya sudah puluhan bahkan ratusan, namun untuk daerah lain seperti kabupaten itu ‘kan masih kurang, sehingga peluang kerja notaris masih terbuka lebar,” Ketua Pengwil Sumatera Selatan Ikatan Notaris Indonesia (INI), Akhmad Wasil, SH di sela-sela pelatihan kenoktariatan yang digelar di lantai IV Tower FH Unsri, Selasa (13/6/2017). Menurut Akhmad Wasil, untuk Sumsel saja jumlah notaris sebanyak 350 orang dan separuhnya ada di Kota Palembang.“Di Sumsel ada 13 kabupaten dan kota sebagian besar notaris numpuk di Palembang, jadi dari 350 orang hampir 200 notaris di Palembang. Sehingga perlu ada kebijakan Kementrian Hukum dan Ham untuk Palembang harus tertutup dari notaris baru,” katanya.

Terbuka lebarnya peluang profesi notaries dikemukakan juga alumni pertama FH MKn FH Unsri, Agus Trisaka,. SH, MKn, Bkp.

Dia melihat dari luas wilayah seperti Sumsel, masih sangat kekurangan notaris .

“Kalau mereka mau keluar kabupaten kota masih terbuka luas, karena kebanyakan notaris banyak di Palembang, misalnya di Kabupaten Empat Lawang, OKU Timur, dan Kabupaten Muaraenim itu masih membutuhkan notaris,” katanya.

 

Sumber: http://sumselupdate.com